Manfaat Pemberian Asi Untuk Melangsingkan Tubuh

Bagi bayi tidak ada makanan yang lebih baik dari pada ASI, sebab banyak manfaat yang asi berikan kepada bayi. ASI atau air susu ibu dampaknya positifnya dapat di rasakan langsung oleh bayi tersebut. Ada beberapa ibu hamil yang melewatkan pemberian asi dengan memiliki susu formula sebagai penggantinya, memang sangat disayangkan sebab Manfaat Pemberian Asi Untuk Melangsingkan Tubuh sang ibu pasca kelebihan berat badannya ketika mengandung.

Tapi bukan hanya bayi saja yang mendapatkan manfaatnya, ternyata ibu juga mendapatkan manfaat yang sangat positif yaitu salah satunya adalah membantu melangsingkan tubuh kembali pasca kehamilan.

Perlu anda ketahui ketika ibu menyusui sebenarnya ibu membakar kalori sebanyak 500 kal. Metabolisme glukosa dan snsitivitas insulin juga dapat meningkat, sehingga membuat tubuh maksimal dalam mengubah makanan menjadi energi tidak di simpan oleh tubuh. Hasilnya adalah berat badan pada pasca melahirkan akan stabil kembali.

manfaat ibu menyusui sang buah hatiAda juga beberapa manfaat selain melangsingkan yang bisa didapatkan ibu menyusui, diantaranya adalah mencegah terjadinya kanker payudara dan kanker ovarium. Menyusui sang buah hati dapat membuat payudara berkembang dan matang. Bahaya bila jaringan tersebut tidak berkembang dan matang memang sangat serius yaitu kanker payudara.

Manfaat Menyusui Lainnya

Menyusui dapat mencegah kanker ovarium karena antibodi alami sang ibu yang meningkat ketika menyusui. Ada juga banyak penyakit yang dapat dihindari sang ibu ketika menyusui sang buah hati.

  • Menyusui secara alami menyebabkan hormon dan lemak tubuh melindungi jantung, caranya dengan mengembalikan fungsi metabolise dan kesehatan jantung ibu setelah kehamilan. Resiko terkena penyakit jantung pada ibu menyusui sangatlah rendah.
  • Penelitian juga menyebutkan bahwa ibu menyusui akan terhindari dari postpartum depression, ini disebabkan karena hormon oxytocin yang membantu mengalirkan asi keluar dari payudara efektif untuk mengurangi stress. Bukan hanya itu saja menyusui juga dapat membantu terjadinya ikatan antara ibu dan bayinya.
  • Menyusui buah hati juga dapat membuat ukuran perut pada ibu pasca melahirkan menjadi normal kembali. Sebab ketika menyusui ibu mengeluarkan hormon oxytocin, yang berguna untuk menormalkan ukuran rahim kepada seperti semula.
  • Yang terakhir adalah membantu menurunkan tekanan darah dalam jangka waktu yang panjang. Ini disebabkan karena hormon yang digunakan untuk menghasilkan asi berkhasiat menstabilkan tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat yang akan di dapatkan oleh seorang ibu ketika menyusui anaknya, cukup banyak bukan ? tentunya sangat sayang bila ibu mengabaikan moment menyusui sang buah hati.

Artikel lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *